Wednesday, October 17, 2007

Apa itu SIAL ?

Apa sebenarnya Sial ? Misalnya kita mengucapkan kata - kata tidak baik. seperti pengalaman saya , saya mengucapkan kata kepada mam saya ; mama kalau marah - marah saja , nanti nggak ada kesempatan marah saya lagi. itu kata - kata yang tidak enak di dengar. Mama sangat sedih , karena nggak lama lagi saya akan ke india untuk berwisata. Mama merasa tidak baik , ini kata - kata sial.
Benar saya bersalah mengatakan kata - kata tersebut. Sangat menyesal. Dan menyebabkan mama saya sangat sedih.
Sebenarnya SIAL bukan karena saya telah mengucapkan kata - kata itu dan kecelakaan menimpa saya jika terjadi. Tetapi dikarenakan , saya telah menyakiti hati mama saya , beliau begitu sayang kepada saya , tetapi saya masih sering mengucapkan kata - kata yang membuat nya risau. Semenjak itu saya berjanji , tidak akan mengucapkan kata - kata itu. Bukan karena pantangan , tetapi kata - kata tersebut menyakiti hati orang yang sayang kepada kita.
Kadang - kadang apa kehidupan ini kita mengerti , tahu bahwa banyak penderitaan , harus lepaskan tamak , marah dan kebodohan. Tetapi dalam praktek memang susah. Tapi walau gimana pun kita harus berlatih.
Ada pepatah cina berkata : anak umur 3 tahun saja sudah tahu kenyataan hidup , tetapi orang tua berumur 80 tahun tidak dapat melakukan nya. Praktek memang susah daripada ngomong. Tapi percaya lah , dengan tekad & niat pasti bisa , di tambah bantuan dari Para Buddha dan Bodhisattva.
Semoga semua makhluk hidup berbahagia , Amituofo