Monday, September 24, 2007

Mengapa Banyak sekali Bodhisattva / Arahat / Buddha

Hubungan Kita dengan Bodhisattva / Arahat.
Ringkasan yang saya baca dari Buku Mengenai Ajaran Buddha , karya Master Chin Kung.
Pertama kali membaca buku tebal ini , saya merasa lelah. Karena semua tulisan mandarin tanpa satu gambar yang menarik. Hati saya saat itu sangat percaya diri , menggangap saya sendiri sudah mengerti. tetapi sebenarnya saya masih bodoh. Pikir-pikir setiap hari harus hidup dalam hati mau belajar untuk maju dan harus menganggap saya masih pemula , banyak yang harus di belajar dan tidak boleh sombong terhadap apa yg telah kita capai. Rendah hati memang perlu sekali. Setelah dengan hati paksa membaca buku ini , ternyata semakin di baca semakin seru. Ini memang buku yang sangat bagus untuk kita yang baru mulai belajar ajaran Buddha. Sebelum belajar Ajaran Buddha , sangat perlu kita mengerti apakah itu Buddhisme.
Di dalam buku ini tertulis hubungan kita dengan para Buddha Bodhisattva dan arahat.
Ingat Ajaran Buddha bukan AGAMA , bukan percaya belaka. Ajaran Buddha adalah pendidikan Sang Buddha yang di tujukan kepada semua makhluk hidup , intisari ajaran Nya adalah kenyataan dari kehidupan dan alam kehidupan kita.
Hubungan kita :
Buddha Shakyamuni / Buddha lainnya = Guru kita , kita adalah Murid nya
Bodhisattva = Senior / Kakak kelas kita. Karena Bodhisattva lebih dahulu belajar Ajaran dengan Buddha.
Arahat = Juga Senior kita seperti Bodhisatva.
Mengapa Banyak sekali Buddha / Bodhisatva ?
Buddha adalah orang yang telah SADAR , mencapai penerangan sempurna, mengerti dan sadar akan kenyataan kehidupan dan alam kehidupan. Panggilan Buddha bukan hanya untuk Buddha Shakyamuni , tetapi sebelum Nya juga ada Buddha-Buddha yang lain yang menurun kan ajaran. Dan Buddha yang akan daang adalah Buddha Maitreya. Kita juga bisa menjadi seperti Buddha. Buddha Bukan Dewa bukan makhluk gaib. Beliau adalah Guru kita. Dalam pendidikan Buddha , Buddha adalah GELAR pencapaian.
Gelar Buddha adalah yg tertinggi seperti profesor.
Bodhisattva , Orang yang telah SADAR seperti Buddha , tetapi masih adalah satu mata pelajaran yang belum di selesaikan. Mengapa Banyak sekali Bodhisattva seperti Guan Shi Yin, Di Zang Wang , Maitreya ? Nama - nama seperti Guan Shi Yin menunjukan program study yang mereka pilih , Guan Shi Yin itu belas kasihan dan menbantu mahkluk yg menderita. Seperti kita di sekolah adalah akuntansi , manajemen, komputer , fisika dll. Dan Perlu kita tahu , Bodhisattva bukan hanya satu orang. Misalnya Guan Shi Yin Pu Sa itu bukan satu orang , dan juga bukan hanya cewek dan cowok. Untuk membantu mahkluk menderita beliau bisa menyamar menjadi bebagai macam bentuk sesuai dengan hati mahkluk hidup. Bodhisattva juga GELAR, bisa di kata kan tamatan university.
Arahat , Orang yang telah sadar , tetapi masih banyak pelajaran yg belum di selesaikan dan masih di bawa Boddhisattva. Arahat juga GELAR, bisa di katakan tamatan SMA.
dan begitu juga ada SD , TK , itu semua gelar pencapaian. kita harus jelas mengerti. Apakah sekarang kita masih di tahap SD / TK ?
Jadi pendidikan Buddha juga seperti susan kita dalam pendidikan di sekolah umumnya. Hanya mata pelajaran nya berbeda. Seperti di sebuah Vihara ada kepala sekolah , ada guru-guru dan kita murid-murid. Kita adalah Murid sang Buddha. Buddha Bukan Dewa. Kita harus belajar ajaran nya seperti catatan Sutra, bukan menyembah untuk memohon untuk keselamatan tetapi hati akal pikiran dan kelakuan tidak selaras dengan ajaran.
Semoga semua makhluk berbahagia
Amituofo