Sunday, September 23, 2007

Apa Hubungan kita dengan para Buddha ?

Hubungan antara kita dengan para Buddha
Buddha Sakyamuni / Buddha Gautama = Guru sebenarnya pendidikan Buddha. Sang Buddha adalah pelopor pendidikan Buddha yang kita belajar sekarang ini. Sang Buddha adalah guru bagi semua mahkluk hidup. Hubungan kita dengan Buddha Adalah GURU & MURID. Buddha adalah Guru kita , Buddha Bukan Dewa , bukan makhluk gaib , tetapi orang yang telah sadar mencapai penerangan sempurna. dan dapat melihat dengan jelas kehidupan dan alam kehidupan kita.
Semua ajaran nya di catat di sutra suci oleh murid-murid Sang Buddha. Setelah Sang Guru masuk parinibana, dan meninggalkan Badan manusia Nya, para Murid - murid Sang Buddha yang terkenal seperti Ananda , Mongalana ,dan lain - lain. Mereka mengadakan pertemuan dan mengumpulkan mereka untuk mencatat ajaran Sang Buddha , agar pendidikan Buddha dapat di sebarkan sampai masa depan , seperti kita sekarang.
Ananda merupakan Murid Sang Buddha yang ingatan paling bagus,Ananda bisa mengingat semua ajarang Buddha 100%. Maka Ananda di utuskan untuk naik ke pentas untuk berceramah Dharma seperti Sang Buddha lakukan masa lalu , dan 500 orang Arahat ( Murid sang Buddha yang terlah mencapai Arahat ) sebagai auditor. Jika salah satu dari 500 Arahat membantah satu kata pun dari ceramah Ananda , maka kata tersebut tidak boleh di catat dalam sutra. Kita bisa melihat , bukan seperti cara kita sekarang yg melakukan pengumpulan suara , 60 % : 40 % sudah dapat di anggap menang. tetapi Sutra di sensor , walaupun seorang arahat yg tidak setuju maka tidak boleh di catat.
Kita percaya pada Sutra , sutra adalah dharma / ajaran Buddha , dan sekarang Sutra adalah guru kita. Ikuti ajaran sutra maka sama seperti Buddha tetap hidup di dunia kita sekarang. Buddha berkata , jangan percaya kepada perkataaan seseorang , tetapi berdasarkan lah kepada Dharma.
Dan tentu nya setiap Buddha , walaupun Buddha Lampau sebelum Buddha Shakyamuni ataupun Buddha yang akan datang Buddha Maitreya juga akan membabarkan pendidikan dan dharma yang sama seperti Buddha - Buddha lain nya.
Buddha yang akan datang menurut sutra adalah Buddha Maitreya. Tetapi masih sekitar 56 billion 70 juta tahun lagi setelah ajaran Buddha memasuki akhir abad . ( Waktu nya kira-kira yang saya ambil dari ceramah Master Chin Kung pada pembicaraan sutra Infinity amitabha Buddha ) panjang ukuran tahun tersebut tidak kita perhitungkan sama percis tetapi tidak menyimpang. Bodhisattva Maitreya sekarang masih di alam Tusita , semua Buddha yang akan di lahirkan ke Dunia untuk menjadi Buddha dan membabarkan Dharma memang harus berada di alam Tusita. 1 hari di alam tusita berarti 400 tahun di dunia manusia kita.
Maka , Pendidikan Buddha sekarang berdasarkan Ajaran Buddha Shakyamuni / Gautama . Buddha Shakyamuni adalah guru sebenarnya kita.
Mengapa ada Buddha Amitabha ? Amitabha adalah Buddha cahaya tanpa batas dan tidak terbandingkan dan juga Raja para Buddha. Mengapa kita melafal kan Nama Buddha Amitabha ? karena Buddha Shakyamuni mengajurkan kita untuk memohon terlahir di alam pureland / tanah murni / alam sukhavati Buddha Amitabha. Buddha pasti menganjurkan yang terbaik untuk kita , maka sebagai murid kita patuh akan ajaran dan nasehat Buddha.
Semoga Semua makhluk berbahagia
Namo Amituofo