Wednesday, September 12, 2007

BUDDHA YANG PEMARAH-- Cerita berarti dan Lucu

Sebuah Cerita Lucu dan berarti
BUDDHA YANG PEMARAH

Dulu ada seorang Wanita yang praktek melafalkan Nama Buddha Amitabha, dia sangat tekun dan melafal tiga (3) kali sehari. "NAMO AMITABHA BUDDHA". Waulapun dia melakukan latihan ini selama lebih dari 10 tahun, tetapi dia masih sangat tidak memahami arti , sering berteriak / maki kepada orang lain. Dia juga mulai praktek seperti persembahan dupa dan memukul lonceng kebaktian.

Dikarenakan dia masih pemarah , maka seorang teman ingin memberi dia pelajaran. Suatu hari dia akan bermulai melafalkan / kebaktian, teman ini datang di depan pintu rumah nya dan memanggil nama nya "Nona Nuyen, Nona Nuyen!".

Karena itu waktu tepat dia berlatihan, dia merasa sangat kesal/jengkel, tetapi dia katakan kepada diri sendiri : "Saya harus berusaha untuk melawan kemarahan saya, jadi saya akan abaikan dia." Dan dia teruskan pelafalannya "NAMO AMITABHA BUDDHA, NAMO AMITABHA BUDDHA..."
Tetapi lelaki itu terus memanggil nama nya dan dia merasa makin tertekan. Dia berusaha untuk melawan dan ada niat untuk berhenti latihan nya untuk memberitahu kepada teman nya itu. Tetapi dia tetap lanjut melafal : "NAMO AMITABHA BUDDHA, NAMO AMITABHA BUDDHA..."
Lelaki di luar itu dengar lafalanya dan terus memanggil nama nya "Nona Nuyen, Nona Nuyen..." Kali ini dia tidak dapat bertahan lagi , dia melompat keluar dan menutup pintu dengan renggutan dan menuju ke pintu gerbang dan berteriak : mengapa kamu berkelakuan begitu ? Saya lagi berlatihan dan kamu berteriak nama saya terus menerus!"
Lelaki itu senyum dan berkata " Saya hanya memanggil namamu 10 menit saja dan kamu sudah sangat marah. Kamu telah memanggil nama Amitabha Buddha selama lebih dari 10 tahun , nggak bisa di bayangkan bertapa marah nya Buddha Amitabha."
Teman - teman , pikirkan apakah kita juga seperti Wanita tersebut? Amituofo

~ Being Peace, Thich Nhat Hanh
Sumber dari Blog http://www.abuddhistperspective.org/ Venerable Shi Wuling
Semoga Semua Makhluk Hidup berbahagia , Namo Amituofo....