Monday, September 17, 2007

Ritual Tradisi Tionghua dan Buddhisme 1

Namo Amitabha Buddha ... Amituofo....
Ritual Tradisi Tionghua dan Buddhisme Bagian Satu (1)
Sekarang , banyak sekali yang sering salah paham antara Ajaran Sang Buddha dan tradisi ritual Masyarakat tionghua. Sehingga mereka selalu menggangap bahwa mereka adalah seorang Buddhist dan telah menjalankan ritual Buddhist dan akhirnya jika yg seperti mereka katakan nasib mereka tidak membaik ataupun lebih parah ,maka mereka akan berpikir bahwa jadi seorang Buddhist tidak ada bagus nya ataupun pengikut Buddha tidak ada faedahnya. Hal ini sangat menyedihkan.
Sebenarnya kebanyakan mereka hanya lah melakukan ritual tradisi tionghua. Misalnya sembayang dupa setiap hari ataupun setiap hari imlek tgl 1 dan 15 , menyembahakan Buah-buahan , bunga-bunga , ada juga yang membakar kertas uang , dan yang sering kita ketemu adalah menyembahkan daging hewan-hewan.
Saya juga seorang tionghua , semenjak saya mulai masuk ke sekolah menengah pertama telah mengikuti ajaran Buddha sebagai pelajaran Agama saya. Walaupun tidak mengerti arti yang sebenarnya , tetapi merasa sangat senang dengan ajaran Buddha seperti mengetahui sejarah Sang Buddha Gautama ( Shakyamuni ) , dan dharma dalam bahasa sangsekerta/pali , membaca parrita dll. Dalam pikiran saya seperti juga berpikir , saya tionghua dan memang otomatis menganut agama Buddha. tetapi aneh nya Mengapa Guru agama Buddha saya seorang Jawa ? hal ini tidak saya terlalu pikirkan.
Pada waktu saya terjun ke dunia kerja, saya mendapatkan VCD ceramah dharma Master Chin Kung dari seorang teman. Hati saya bagaikan orang yang terbangun dari koma selama belasan tahun. Mengapa ? VCD itu mengenai apakah itu Ajaran Buddha. Sama sekali bukan seperti yang di kaitkan dengan Ritual Tionghua.
Ajaran Buddha bukan agama tetapi PENDIDIKAN BUDDHA........ yang biasa kita lihat sering ke kelenteng itu hanya para pengikut yang pergi untuk bersembayang ke para dewa - dewa yang sudah terkenal jasa nya , dan mereka bersembayang untuk mendapatkan keselamatan sekeluarga dan lain-lain. Selanjutnya ini akan saya jelaskan beberapa hal yang sering kita ketemu pada ritual Tionghua dan di sangka sebagai ritual Buddhist. Semua sumber saya dapati dari membaca / dengar penjelasan dari buku / vcd ceramah dharma oleh Master Chin Kung...
Dan memang ini kenyataan... bersambung lagi...
Semoga Semua Makhluk hidup berbahagia
Amituofo........