Tuesday, September 4, 2007

Mengenal Ajaran Sang Buddha ( Bagian 2 ) Memahami Ajaran Buddha


Memahami Ajaran Buddha
Ajaran Buddha adalah Ajaran yang paling
mendalam dan sehat oleh Sang Buddha kepada semua makhluk hidup.
Isi Ajaran Buddha Shakyamuni selama 49 tahun adalah menguraikan kesunyataan / kenyataan dari kehidupan dan alam kehidupan kita. Kehidupan adalah diri kita sendiri , sedangkan alam kehidupan adalah lingkungan kehidupan sekitar kita. Ajaran Buddha langsung berhubungan dengan kehidupan kita sendiri dan lingkungan hidup sekitar kita.
Siapa yang memiliki pemahaman yang lengkap dan benar mengenai kehidupan dan alam kehidupan maka dia akan di sebut sebagai Buddha atau Bodhisattva. Siapa yang masih kurang akan pemahaman tersebut , maka orang tersebut dinamakan orang duniawi ( FAN FU dalam Bahasa Mandarin /english : worldly people )
Memperbaiki adalah merubah cara kita berpikir , berbicara, dan kelakuan terhadapan orang-orang dan masalah dari yang salah menjadi yang benar.
Petunjuk untuk memperbaiki adalah memahami , pandangan yang benar dan kemurnian / jernih baik itu akal hati pikiran maupun semua kelakuan. Memahami adalah tanpa adanya penyimpangan dan kemurnian / jernih adalah tanpa adanya pencemaran pikiran. Untuk mendapatkannya harus mempraktekkan 3 pelajaran yaitu : belajar Disiplin diri , Konsentrasi , dan kebijaksanaan.
Tiga (3 ) Syarat dasar adalah dasar dari memperbaiki dan belajar. Dimana mempengaruhi / berhubungan dengan orang lain harus berdasarkan 6 keselarasan, dan dimana kita mau mengikat persetujuan dengan masyarakat sosial , harus praktekkan 6 prinsip. Mengikuti pelajaran – pelajaran yang di ajarkan oleh para Bodhisattva umum yang patut di hormati dan selalu berada pada satu akal pikiran yang jernih / bersih dan terang selama nya.

Semoga semua mahkluk berbahagia ,lepas dari penderitaan
Namo Amituofo