Thursday, November 22, 2007

Kapan Melafal Nama Buddha menjadi Effective ?

Pertanyaan: Haruskah orang - orang mengetahui kepada siapa pelafalan Amitabha Buddha menjadi efektif / ada hasilnya ?
Respon : Untuk telahir di alam Sukhavati / Pure Land ( Alam Amitabha Buddha ) Kita perlu memiliki keyakinan ( faith ), berjanji / meminta untuk (vows ), dan Praktek (Practice ).
Dasarnya ,
1. Keyakinan (faith ) maksudnya kita percaya pada apa yang Buddha Ajar kan kepada kita,
2. berjanji / keinginan /mohon untuk (vows ) : maksudnya kita ingin ( memohon/ niat ingin ke ) terlahir di alam Sukhavati /Pure Land
3. Dan praktek : maksudnya kita hidup dalam alam manusia ini dan selalu melafalkan nama Amitabha Buddha. / Amituofo”.

Buddha Sakyamuni berkata kepada kita , di akhir jaman Dharma, yaitu jaman kita sekarang ini, Ajaran Beliau akan Hilang / terlupa perlahan lahan, sutra terakhir yang masih bisa kita lihat adalah Amitabha Sutra yang Besar yaitu Infinite Life Sutra ( Wu Liang Shou Jing ), lagi beberapa ratus tahun kemudian akan membantu semua makhluk hidup lepas dan menuntun mereka ke alam Barat ( Western Pure Land) Alam Sukhavati.” Setelah itu , hanya nama Amitabha Buddha akan tetap ada atau teringat oleh kita di akhir seratus tahun kemudian ( Jaman Terakhir Dharma).

Dari sini , kita bisa lihat hanya dengan melafalkan “Amituofo” bisa bermanfaat bagi kita. seberapa manfaatnya tergantung kepada akar kebajikan kita , Hasil karma baik kita ( Rejeki baik ) , dan hukum karma sebab akibat . Tetapi setidaknya kita melafal “Amituofo” akan menanam lebih banyak biji / benih di Alaya kita ( di akal kita yang akan terbawa selalu). Jadi , jika kita tidak tahu kapan pelafalan kita akan mendapat hasil , tetapi kita dapat memastikan suatu hari pasti akan ada hasilnya.

Untuk kebajikan kita dan kebajikan untuk semua mahkluk yang memiliki keinginan untuk melahir di alam Sukhavati , kita harus membantu mereka! Cara yang paling bagus adalah Secepat kita mencapai hasil dan terlahir ke alam Sukhavati , dengan ini kita bisa membantu mahkluk lain juga.
Semoga semua makhluk berbahagia. Amituofo